Asparindo Gandeng Rhyne Technologies Kembangkan Digitalisasi Pasar

  • Whatsapp

Koranmetronews. Id (Jakarta) – Asosiasi Pengelola Pasar Indonesia (Asparindo) menggandeng mitra strategis Rhyne Technologies LLC dari Amerika Serikat. Perusahaan ini sudah berpengalaman puluhan tahun di dunia pengembangan industri khususnya teknologi, dan akan membuat entitas usaha bersama.

Ketua Umum Asparindo Y. Joko Setiyanto mengatakan, pihaknya memiliki komitmen untuk berperan aktif dalam pengembangan digitalisasi di pasar rakyat. Digitalisasi pasar ini concern pada pengembangan transaksi jual beli, payment gateway, e-wallet, dan layanan fintech lainnya.

Digitalisasi tersebut akan membantu sekitar 14 juta pengusaha yang tergabung dalam Asparindo untuk mengembangkan usahanya. Dengan digitalisasi tersebut akan memudahkan untuk akses permodalan.

“Hal ini sejalan dengan acara rapat kerja nasional (Rakernas) Asparindo tanggal
12 Desember 2018, dengan Tema ‘Digitalisasi Pasar Rakyat’ dan acaranya dibuka oleh
Presiden Republik Indonesia Bapak Ir. H. Joko Widodo untuk mendorong literasi digitalisasi pada perekonomian pasar rakyat,” kata Joko.

Hal itu dikatakan Joko usai meneken nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Rhyne Technologies LLC bertajuk ‘Empowering Digital Growth’ di kawasan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Rabu (27/3/2024) petang. Turut hadir CEO Rhyne Technologies LLC Mr. Quang Buu Tran dan kolega.

“Dengan adanya rencana kerjasama ini, Asparindo dapat ikut mendorong peningkatan SDM yang ada dan omzet penjualan para pedagang pasar, serta membantu mempermudah akses serta profiling untuk kemudahan mendapatkan permodalan,” ungkapnya.

Joko berharap, kerja sama ini dapat meningkatkan kompetensi, baik pihak pengelola pasar maupun pedagang pasar. Tidak menutup kemungkinan, lanjut dia, Asparindo juga mendorong digitalisasi di sektor lainnya seperti UMKM, perikanan, peternakan dan perkebunan.

“Sejak Asparindo diinisiasi pada tahun 2004, kiprah kami selama 20 tahun telah melakukan program-program yang bersinergi dengan berbagai Kementerian dan Lembaga (K/L),” tuturnya.

Sementara itu CEO Rhyne Technologies LLC Mr. Quang Buu Tran mengatakan, Rhyne Technologies merupakan perusahaan perangkat lunak terdepan yang menghadirkan produk inovatif yang ditujukan untuk industri tradisional. Tidak terkecuali minyak dan gas (migas), konstruksi dan pertambangan.

“Dengan fokus menggunakan teknologi untuk menjembatani kesenjangan di sektor yang terabaikan, Rhyne Technologies berkomitmen untuk meningkatkan efisiensi operasional dan membuka peluang baru,” ujarnya.(john)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *