Sebanyak 69 Orang Lulus Keperawatan di Wisuda

  • Whatsapp

koranmetronews.id, TUAL – Sidang senat terbuka dalam rangka Wisuda dan angkat sumpah lulusan diploma III, kesehatan program studi keperawatan Tual, Politeknik kesehatan Kemenkes Maluku tahun ajaran 2021-2022. Selasa 29 November 2022 di Wisudakan di gedung Aula LPTQ Kota Tual.

Direktur kementrian kesehatan Republik Indonesia, politeknik kesehatan kementrian Maluku Hairudin Rasako, ketika menyampaikan laporannya mengatakan, status hukum pendirian institusi Politeknik kesehatan Kemenkes Maluku merupakan unit pelaksana teknis (UPT) dilingkungan kementrian kesehatan RI yang berkedudukan di Kota Ambon, provinsi Maluku dan berada di bawa badan pengembangan dan pemberdayaan sumber daya manusia (SDM), Kemenkes RI.

Bacaan Lainnya

Secara resmi dilembagakan 12 November 2001, berdasarkan SK Mentri kesehatan RI No 1207/Menkes/2001, tentang pembentukan Poltekes Malang, Palangka raya, Banda Aceh Ambon dan Ternate. Poltekes Maluku merupakan institusi di bidang kesehatan dengan status Negeri dan memiliki empat jurusan yakni, jurusan keperawatan, kesehatan lingkungan, gizi dan kebidanan.

Selain itu Rasako mengatakan, kalau jurusan keperawatan Kemenkes Maluku juga membawahi tiga program studi, yakni program studi keperawatan Ambon, keperawatan Tual dan program studi keperawatan Masohi.

Selanjutnya kata Rasako, pengembangan Poltekes Kemenkes Maluku tahun 2011 ada penambahan satu prodi kebidanan di Saumlaki, berdasarkan SK kepala badan PPSDM,kesehatan No HK, 03.5/I/III/I/04260.1/2011, 21 Juli 2011. Selain itu juga ada jurusan analis kesehatan, berdasarkan peraturan Menkes 1988/Menkes /Per/IX/2011 tanggal 27 September 2011.

Dengan demikian Poltekes kesehatan Kemenkes Maluku, memiliki delapan program studi yang terdiri dari, prodi keperawatan Ambon, keperawatan Tual, Masohi, prodi sanitasi, gisi, prodi kebidanan Ambon, prodi kebidanan Saumlaki, prodi teknologi laboratorium medik.

“Keputusan badan akreditasi perguruan tinggi (BAN-PT) tahun 2020, Poltekes Kemenkes Maluku terakreditasi baik, sedangkan berdasarkan keputusan lembaga akreditasi mandiri, pendidikan tinggi kesehatan Indonesia tahun 2021 dua program studi terakreditasi baik sekali, yaitu program studi keperawatan Masohi dan program studi sanitasi. Enam program studi terakreditasi baik berlaku selama lima tahun.

penyelenggaraan pendidikan di Poltekes,Kemenkes Maluku mengacu pada peraturan menteri riset, teknologi dan pendidikan tinggi RI No 44 tahun 2015, tentang standar nasional pendidikan tinggi.

Proses pembelajaran di Poltekes Kemenkes Maluku dilaksanakan pembelajaran selama 20 Minggu setiap semester dalam bentuk teori dan praktek, 16 Minggu aktif (teori dan praktik) dua Minggu merupakan pelaksanaan evaluasi (UTS dan UAS) dua Minggu untuk proses perbaikan. Proses belajar mengajar dimasa new normal dilaksanakan secara luring untuk seluruh mahasiswa dan dosen baik teori maupun praktek.

Disamping kegiatan PBM tersebut, dilaksanakan juga Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Desa secara luring di tahun 2022. Kegiatan ini dilaksanakan sebelum pandemi Covid-19. PKL di Desa tahun 2022 berlokasi di kecamatan Kei Kecil Timur Desa Rumat Kabupaten Maluku Tenggara

Pelaksanaan wisuda dilaksanakan setelah dilakukannya Yudisium tanggal 16 September 2022 dan 7 November 2022 untuk tahun Akademik 2021/2022 serta Yudisium pada tanggal 2 Februari 2022 untuk Tahun Akademik 2020/2021. Dengan demikian jumlah wisudawan – wisudawati yang diwisuda pada Program Studi Keperawatan Tual Politeknik Kesehatan Kemenkes Maluku Tahun 2022 sebanyak 69 wisudawan-wisudawati.

Dapat kami sampaikan pula lulusan terbaik Program Diploma III Kesehatan Politeknik Kesehatan Kemenkes Maluku Program Studi Keperawatan Tual TA. 2021/2022 yaitu:

1.Terbaik I Atas Nama: ANISA SAIMA KELMURIN,A.Md.Kep dengan IPK 3,53

2.Terbaik II Atas Nama: NAIMA RENWARIN, A.Md.Kep dengan IPK 3,45

3.Terbaik III Atas Nama: RANI RENWARIN, A.Md.Kep dengan IPK 3,45

Pada kesempatan Hairudin Rasako menyampaikan terimakasih kepada Civitas Akademika Politeknik Kesehatan Maluku dan mengucapkan selamat atas Keberhasilan Putra/Putri, Bapak/Ibu sekalian, kami juga menyampaikan selamat atas keberhasilan Bapak/Ibu menghantarkan Putra/Putri Bapak/Ibu lulus dan diwisuda pada hari ini dihadapan kita semua, menjadi Ahli Madya Keperawatan.

“Tak lupa juga kami sampaikan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang terlibat dan bekerja sama dalam membantu kami selama ini guna menghantarkan peserta didik kami demi mencapai cita-cita mereka.

Besar harapan kami semoga bantuan dan kerjasama ini dapat terus dibina dan lebih ditingkatkan demi mencapai mutu pendidikan kesehatan yang lebih baik, pada akhirnya akan memenuhi mutu pelayanan kesehatan yang baik di Provinsi Maluku sesuai dengan visi yang telah ditetapkan oleh politeknik kesehatan Kemenkes Maluku yaitu “Terwujudnya Pendidikan Tinggi Kesehatan Unggulan Yang Menghasilkan Tenaga Kesehatan Kompeten Berbasis Kepulauan di tahun 2023”.

Hadir dalam memberikan sambutan Bupati Malra yang di wKili staf ahli bidang kemasyarakatan dan SDM Afan Bachri Ifat, sekaligus mengambil sumpah kepada 69 orang wisudawan dan wisudawati. Hadir juga dalam memberikan sambutan, Wakil kota Tual yang di wakili asisten Bidang Adminstrasi Zaky Kabalmay. Hadir juga dikesempatan Direktur Poltekes Tual, Luky Noiya, sekaligus menyerahkan surat keputusan dan surat tanda kelulusan.

( Alvin Unawekly )

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *