BNPP Canangkan Gerbangdutas Dibarengi Pameran Alutsista, Pelajar dan Warga Antusias Lihat Tank Tempur ‘Mejeng’ di Kantor Gubernur Kalbar

  • Whatsapp

Koranmetronews. Id (PONTIANAK, KALBAR) – Sebagai gerbang terdepan RI,  pemerintah fokus membangun kawasan perbatasan. Mewujudkan itu,  Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) menyelenggarakan Pencanangan Gerakan Pembangunan Terpadu Kawasan Perbatasan (Gerbangdutas) di Kantor Kantor Gubernur Kalimantan Barat, Kota Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar), Selasa (27/8/2024).

Memeriahkan kegiatan tersebut,  serangkaian acara digelar. Salah satunya adalah pameran Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) dari TNI dan Polri yakni senjata dan kendaraan alat tempur. Senjata tersebut yakni SMB M2 QCB, SNP S0 Minim, SPR 2 Pindad, pelontar mortir 81 MM SB, pelontar 60 comando Pindad, pelontar mortir 60 MM long range tampela dan masih banyak senjata tempur lainnya.

Bacaan Lainnya

Sedangkan kendaraan tempur yang ‘mejeng’ di depan Kantor Gubernur Kalbar tersebut antara lain Tank AMX, Panser Tempur Anoa, Panser Tempur Komodo.

Para pelajar dan warga yang berdatangan dari daerah sekitar dan wilayah terdekat antusias menyaksikan pameran Alutsista dan alat tempur yang dipamerkan tersebut.

Selain bisa mengenal alat tempur, pala pelajar bisa mendapatkan pengetahuan baru mengetahui informasi Alutsista lebih rinci

Salah satunya pelajar tersebut adalah Danang (16) yang sekolah di SMA Negeri 1 Pontianak kelas XI. Menurutnya, hal yang paling diburu dalam pameran ini adalah melihat rinci Panser Anoa. Dirinya mendapat kabar dari sejumlah pemberitaan bahwa Panser Anoa merupakan kebanggaan Indonesia karena buatan dalam negeri dan sudah diekspor ke mancanegara.

“Seru sih, saya bisa melihat kendaraan lapis baja ini. Kayak waw banget apalagi saya suka permainan yang berhubungan dengan kendaraan lapis baja,” terangnya. Saya excite banget!,” terangnya.

Keseruan serupa disampaikan Joko (58) warga Jeruju, Pontianak yang datang ke pameran membawa cucunya. Dengan nada menggebu- gebu Ia menuturkan mendapatkan informasi dari keluarga tentang pameran alutsista dalam Gerbangdutas Tahun 2024.

Dirinya berharap pameran dari instansi dan lembaga seperti ini lebih sering lagi diadakan karena sedikit menjadi hiburan yang edukatif bagi warga. Terlebih, pameran ini bisa membawa dampak positif bagi perkembangan Usaha Miko Kecil dan Menengah (UMKM) untuk mengembangakan produk usahanya.

“Saya bawa cucu sekalian memperkenalkan juga kendaran tempur dari TNI/Polri. Selain itu banyak produk seperti dari Sambas dan wilayah desa perbatasan lainnya,”ungkapnya.

Pemeran Alutsista di Gerbangdutas Tahun 2024 masih berlangsung hingga Rabu (28/8/2024) besok. Selain Alutsista, pameran juga diisi dengan produk unggulan dari sejumlah Usaha, Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dari beberapa wilayah di kawasan perbatasan negara.

Dalam pameran Pencanangan Gerbangdutas Tahun 20204, BNPP dengan Dinkes Kalbar dan Walubi juga menghadirkan pelayanan ibu dan anak. (john)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *