Dukung UMKM Kopi Lokal,  Zita Anjani Dorong Pelaku Usaha Ciptakan Cita Rasa Baru

  • Whatsapp

Koranmetronews. Id (Jakarta) –  Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) menjadi perhatian serius Zita Anjani,   Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, untuk periode 2024-2029 mendatang, khususnya untuk promosikan sektor usaha kopi lokal.

Usaha kopi lokal  kini makin mendapat perhatian masyarakat luas, sudah menjadi trend di berbagai kalangan. 

Sebab itu,  Zita berharap pelaku usaha UMKM Kopi harus mampu bersaing di tingkat internasional. Apalagi di Indonesia, komoditas kopi tumbuh dengan berbagai varietas. 

Dari data terdapat jenis kopi, sebut saja Kopi Arabika Aceh Gayo,  Kopi Arabika Kintamani Bali,  Arabika Mandailing,  Robusta Lampung,  Flores Bajawa,  Kopi Toraja,  Kopi Liberika Riau dan Kopi Luwak. 

Sesuai data di Badan Pusat Statistik,  jumlah UMKM di Jakarta mencapai 1,1 juta. Sebagian besar bergerak di bidang kuliner. Dari jumlah tersebut yang masuk dalam daftar jakprenaur berjumlah 372.633 UMKM.  

Zita berharap para pelaku usaha kopi mampu menciptakan berbagai cita rasa. Sehingga bisa menarik konsumen dari berbagai tingkat usia. 

Zita memberi tips untuk usaha.  Kuncinya harus memahami sektor yang digeluti. Harus meningkatkan pengetahuan terhadap usaha yang akan digeluti.”Jika sudah menguasai maka harus yakin dengan usaha kopi yang akan dikembangkan sehingga bisa menguasai pasar. Harus ada kenekatan,”ujar Zita dalam Acara Zita Anjani Support Kopi Lokal di Kedai Kopi Ampera,  Kemang,  Jakarta Selatan, Minggu (18/8/2024).

Ia mengakui, dalam lingkup pemula pasti ada gagalnya. “Tapi jangan takut gagal. Harus terus bangkit dan terus mencoba, “katanya.

Zita berharap masyarakat memilih kopi lokal agar sektor UMKM di Jakarta semain berkembang dan turut menciptakan lapangan kerja.(john) 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *