Tak Punya MCK,  4.792 Warga di Johar Baru Jakpus Buang Air Besar di Kali

  • Whatsapp

koranmetronews.id (Jakarta) – Ribuan warga yang tinggal di kawasan padat, kumuh dan miskin, belum memiliki fasilitas mandi cuci kakus (MCK) yang memadai. Sebab itu, Pemprov DKI Jakarta aka membantu membangun MCK bersifat komunal ang bersih untuk menjaga lingkungan yang bersih dan sehat. Guna membangun MCK komunal tersebut, Pemprov bakal menggandeng berbagai perusahaan besar dalam program bantuan corporate social responsibility (CSR).

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, mengakui adanya masalah tersebut di wilayahnya. Misalnya di kawasan Johar Baru Jakarta Pusat , ditengarai sekitar 4.792 warga yang masih belum memiliki MCK. “Iya nanti kita minta sama teman-teman (melakukan) CSR untuk bangun (toilet komunal),” ujar Heru di kawasan Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Jumat (15/9/2023).

Meski begitu, Heru Budi belum dapat menjelaskan secara rinci seperti apa CSR yang disasar dan target pembangunan fasilitas tersebut. Dia hanya mengatakan bahwa rencana pembangunan toilet komunal tersebut masih terus dibahas bersama dinas terkait.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana membuatkan toilet komunal untuk warga di Johar Baru, Jakarta Pusat. Ribuan Warga Johar Baru Jakpus BAB di Kali. Hal tersebut berdasar temuan anggota DPRD DKI Jakarta soal 4.792 keluarga di Johar Baru, yang tidak memiliki tidak memiliki MCK.

Penasihat Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD DKI Jakarta Karyatin Subiyantoro menyebutkan, 4.792 keluarga di Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat, tidak memiliki fasilitas MCK. Persoalan itu diungkap Karyatin saat menyampaikan pandangan umum fraksinya terhadap Raperda tentang Perubahan APBD DKI Jakarta tahun anggaran 2023 di ruang paripurna Gedung DPRD DKI, Rabu (13/9/2023). “Di Kecamatan Johar Baru misalnya, masih ada 4.792 kepala keluarga yang belum memiliki MCK,” ujar Karyatin. (john)


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *