Kapolres Tual Minta Wartwan Kedepankan Kode Etik

  • Whatsapp

koranmetronews.id TUAL – Kapolres Tual, AKBP Prayudha Widiyatmoko S.Ik, di dampingi Waka Polres Kompol Syahrul Awab S.Sos.S.Ik, bersama kasat Lantas dan kasat Bimas, menggelar Coffe Morning bersama Para Wartawan di kota Tual dan kabupaten Maluku tenggara Malra. (20/8/22).

Prayudha Widiyatmoko di acara Coffe Morning tersebut mengatakan, kegiatan Coffie Morning ini merupakan langkah awal silaturahmi kita bersama, kedepan kita akan mengagendakan agar bisa rutin, apakah tiga bulan sekali atau setahun sekali nanti kita agendakan, “kata Widiatmoko.

Bacaan Lainnya

Tujuan kita ada dalam kebersamaan ini hanya untuk saling tukar pikiran terutama terkait dengan kinerja pihak kepolisian, apakah ada kesalahan atau ada kekurangan. “ungkapnya.

Selain itu untuk menyikapi perkembangan era digital yang saat ini sudah menjadi bagian dari kebutuhan kita dan tantangan kedepan kata,
Kapolres kita juga akan menghadapi dua ivent besar seperti pertemuan G 20 dan Pemilu 2024.

Selain itu kedepan tenaga manusia akan di ganti dengan industri tenaga robot, sebagai anak bangsa kita harus terus mengikuti perkembangan yang bakal terjadi, kalau tidak kita akan ketinggalan,”Ungkapnya.

Lebih lanjut kata Kapolres, terkait kemajuan digital, ada banyak wartawan dadakan orang bisa beritakan apa saja yang bisa menimbulkan berita bohong (Hoax) tanpa memiliki sumber yang jelas atau tidak melalui kompeten, karena itu Pers diharapkan bisa memfilter sebuah informasi dan di tulis sesuai aturan perundang-undangan terutama UU Pers No 40 tahun 1999 juga kode etik jurnalist. Tidak sesuka hati menulis dan memberitakan, para jurnalis diharapkan memegang teguh kode etik. “harap Kapolres.

Kedepan kita harus bersinergi untuk menangkal berita-berita Hoax sinergikan, cek ricek dan croscek kebenaran dari sebuah informasi terutama masalah hukum yang ditangani Polres Tual, harus di cek pada sumber yang sebenarnya.

Selain kata Kapolres, setiap informasi yang beredar di FB terkait kinerja Polres harus di croscek atau konfirmasi tentu untuk mendapatkan jawaban terhadap informasi yang beredar butuh waktu untuk mendapapatkan jawaban, karena kami juga harus cros cek informasi itu dengan bagian yang menangani sebuah perkara, karena polres juga harus fokus untuk menangani permasalahan yang harus segera di tuntaskan,”ada skala prioritas penanganan masalah.

Meskipun demikian Polres akan siap berikan jawaban terhadap rekan-rekan pers jika ada konfirmasi yang harus segera diketahui masyarakat,”kita tidak bisa berputar dengan kondisi konfensional saja tenggang rasa harus menjadi ciri khas kita berbangsa dan bernegara, isu-isu perpecahan yang sengaja merongrong negara harus kita lawan bersama,”kata Widiatmoko.

(Alfin)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *