Damamain Canangkan Madwaer Sebagai Desa Wisata

  • Whatsapp

koranmetronews.id, LANGGUR – Mendorong kemajuan pembangunan di wilayah Kei Kecil Barat kabupaten Maluku Tenggara (Malra) terutama di sektor Pariwisata maka Pemerintah Kecamatan setempat memprogramkan “JUMPA BERLIAN” (Jumat Pagi Bersih Lingkungan) yang dicanangkan Jumat (08/07/22) bertempat di Pantai Ngurvut Falngas ohoi (Desa) Madwaer pada kesempatan itu juga camat mencanangkan lokasi setempat sebagai lokasi puncak peringatan HUT Proklamasi 17 Agustus 2022 mendatang. Kegiatan itu juga dirangkai dengan penanaman pohon, serta penyuluhan kesehatan oleh Kepala Puskesmas Desa Ohoira bersama staf.

Kepala wilayah kecamatan Kei Kecil Barat, Soni Damamain SST.,, MPA dalam sambutannya di acara itu mengatakan, sejak menjabat sebagai Camat di wilayah dirinya bertekad untuk menggencarkan promosi dan pengembangan pariwisata, khususnya Objek Ngurvut Falngas desa Madwaer objek ini tidak kalah indahnya dengan objek wisata lain di kepulauan Kei.

Pihaknya optimis setelah rampungnya pembangunan jembatan penghubung Dian Pulau-Tetoat maka destinasi wisata Ngurvut Falngas bakal menjadi primadona wisata di Maluku Tenggara selain beberapa objek lain yang sudah terkenal seperti Ngurtavur yang juga berada dalam wilayah kecamatan Kei Kecil Barat yakni di desa Warbal.

“Kenapa saya memilih tempat ini karena Kei Kecil Barat memiliki 10 desa dan tiga desa berada di pulau-pulau tujuh desa lainnya di daratan Kei Kecil, Kei Kecil Barat ini memiliki potensi yang cukup bagus untuk dijual keluar salah satunya, lokasi wisata pantai Madwaer dan satu lagi Ngurtavur yang ada di Warbal.

Kata Damamain Pertama kali saya menginjak kaki di Kei Kecil barat ini, sejak tujuh bulan kemarin dan pertama kali juga saya berada di lokasi wisata, di tempat ini saya posting dan teman saya dari Washington Amerika ingin datang ke sini,” akan datang di Maluku Tenggara,” ujar Damamain.

Damamain menambahkan, mengacu dari pengalaman dan dukungan serta niat baik dan tekad kuat yang dimiliki maka pihaknya selalu mengangkat ide dan gagasan tersebut dalam berbagai kesempatan, setelah jembatan penghubung Dian Pulau-Tetoat rampung destinasi wisata Ngurvut Falngas bakal menjadi objek favorit bagi wisatawan.

Untuk itu dalam pertemuan-pertemuan pemerintahan baik di gereja maupun pada moment-moment pemerintahan saya selalu mengatakan untuk kepala desa terutama Desa-desa yang memiliki destinasi wisata, bapak-ibu harus menyambut ini dengan baik.

“Ada mimpi besar yang ingin saya bangun dari sini saya berharap dari Madwaer ini Kei Kecil akan bangkit, akan dikenal dan akan bersaing dengan wilayah-wilayah yang ada di luar ketika jembatan Dian Pulau sudah tersambung maka tidak menutup kemungkinan para wisatawan akan berkunjung ke sini.

Saat ini kita masih memiliki kendala, karena jarak yang begitu jauh. Namun ketika jembatan itu sudah terhubung maka saya yakin dengan sungguh tempat ini akan menjadi tujuan wisata yang paling utama selain Ngurbloat,” Ungkap Damamai.

Selain itu untuk mewujudkan rasa optimisme tersebut, Camat Kei Kecil Barat berharap kepada seluruh Kepala desa diwilayah untuk bekerjasama dan bahu-membahu serta membangun komunkasi yang baik dengan semua stakeholder karena tanpa kerjasama dan dukungan semua pihak maka semua program yang dilakukan tidak akan berhasil.

Camat menegaskan, lokasi pantai desa Madwaer ini juga akan kita jadikan tempat upacara perinagatn HUT Kemerdekaan RI tahun 2022 tingkat kecamatan Kei Kecil Barat, hal dimaksudkan untuk memperkenalkan lebih luas lokasi wisata ini agar banyak pengunjung yang berwisata ditempat ini, sehingga membawa dampak positif bagi perkembangan desa dan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat setempat.

Launching JUMPA BERLIAN dan Launching Lokasi pelaksanaan upacara HUT Proklamasi kemerdekaan tahun 2022 kecamatan Kei Kecil Barat, menghadirkan unsur Muspika wilayah tersebut TNI-POLRI, Pimpinan Umat Beragama, juga para pegawai Puskesmas Ohoira, serta pimpinan bersama Staf dan angkasawan – angkasawati RRI Tual, yang mendapatkan sambutan hangat

Apresiasi tinggi disampaikan pihak kecamatan maupun para kepala ohoi dan semua unsur yang hadir, karena kehadiran RRI sebagai media penyambung aspirasi rakyat dan penyampai berbagai program pembangunan sangat diandalkan dalam menyuarakan program yang tengah digalakkan, sekaligus mendorong partisipasi semua pihak untuk berkontribusi membangun daerah demi kemaslahatan masyarakat.

Launching yang ditandai pelepasan balon, diawali dengan Doa yang dipimpin Ketua Majelis Jemaat GPM Madwaer, Pdt. Fani Temar M.Si, Ucapan Selamat Datang dari Pejabat Kepala Ohoi Madwaer, Ikan Agustinus Renfaan, dilanjutkan dengan pananaman pohon oleh para pejabat dan perwakilan ohoi yang hadir, diakhiri dengan penyuluhan kesehatan oleh pihak PUSKESMAS Ohoira, berlangsung lancar dan penuh kekeluargaan.

(Alfin)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *