PPL – MT Terbuka Bagi Warga Merapi Terdampak Debu

  • Whatsapp

koranmetronews.id, MERAPI TIMUR – Berbondong-bondong warga merapi barat bergabung ke PPL- Merapi Timur menyangkut Kompensasi debu. Warga kecamatan Merapi Barat dipinggir jalan yang terdampak debu batu bara beramai-ramai sudah dua hari ini mendatangi kantor sekretariat PPL-MT di jalan lintas sumatera desa gedung agung (Rapen) Merapi Timur Lahat, mereka dengan suka rela ingin bergabung dengan PPl-MT yang diketuai oleh Kartini.

Sekitar ratusan warga menyerahkan data nama serta alamat dan poto kopi ktp ke pengurusan PPl-MT, salah seorang warga Desa Merapi saat dikonfirmasi mengatakan, kenapa sampai mereka mau ikut bergabung ke PPl-MT sebab baru-baru ini di kecamatan merapi barat sudah berdiri organisasi masyarakat (ORMAS) yang menanggulangi dampak debu.

Eka yang di dampingi ibu-ibu desa merapi lainnya mengatakan, bahwa kami selama ini belum pernah menikmati dana kompensasi debu dari Perusahaan batu bara, padahal kami dengar selama ini perusahaan batu bara sangat aktif membantu kompensasi dampak debu untuk masyarakat melalui pihak Ormas, namun kami belum pernah merasakannya sampai sekarang. ujarnya.

Kami mendengar bahwa merapi timur melaui PPl setiap bulan katanya membagikan kompensasi terhadap masyarakat merapi timur berupa sembako. Kami punya insiatif ingin tau kebenaran apakah PPl-MT ini juga bisa menampung kami warga merapi barat yang terkena dampak debu. ungkap nya.

Sementara itu ketua PPl-MT Kartini saat ditemui di sekretariat nya setelah senam sehat bersama emak- emak pengurus lainnya mengatakan, bahwa PPL-MT tidak menutup terhadap warga merapi barat yang betul-betul terdampak debu dipinggir jalan untuk mendapatkan bantuan kompensasi dari perusahaan selama ini.

Kami pun dengan suka rela secara iklas untuk menyalurkan bantuan kompensasi perusahaan serta transportir batu bara kepada mereka. ujar Kartini.

Alhamdulillah untuk masyarakat merapi timur ada berapa perusahaan tambang serta transportir dan stock file yang secara rutin memberikan bantuan kompensasi dampak debu untuk masyarakat melalui PPl MT dan semuanya kita tetap salurkan kepada masyarakat.

Jika mereka warga yang terdampak debu masyarakat merapi barat kita usahakan untuk yang pertama ini kita sisikan dan bantuan untuk warga merapi timur.

Dan ini sudah saya sampaikan terhadap koordinator desa se kecamatan merapi timur.”Alhamdulillah untung nya ibu-ibu koordinator desa ini mengerti dan mau berbagi kepada warga merapi barat.
Sehingga kami dapat memberikan bantuan sembako berupa beras lima kilo gram tersebut kepada mereka. “tegas kartini di dampingi kordes.

Sementara itu Sekcam Merapi Barat Yayan saat fi temui di depan halaman mapolsek merapi barat ketika ikut menghadiri HUT Bhayangkara yang ke 76 Merapi mengucapkan terma kasih kepada PPl-MT yang telah mau menampung warga nya untuk mendapatkana kompensasi dari Perusahaan tambang batu bara.

“Alhamdulillah saya ucapkan kepada ibu Kartini beserta kepengurusannya yang mana mau menampung warga merapi barat yang terdampak debu.

Memang benar bahwa warga merapi barat belum tersentuh kompensasi perusahaan tambang batu bara, makanya warga kami sering diajak aksi demo ke perusahaan tambang tapi nihil hasilnya. “Akibat nya warga kami jadi korban saja, jelas sekcam di dampingi staf nya.

Saya tegas kan lagi kepada PPL-MT bahwa pemerintahan kecamatan Merapi Barat mendukung apa pun yang dilakukan kegiatan sosial oleh PPL-MT selama itu positif untuk membantu warga kami mendukung, tegas Sekcam Yayan.

Hal senada juga di katakan oleh Kapolsek Merapi AKP. Alex Andriyan S.Kom, pihak Polsek Merapi sangat mendukung sekali terhadap kegiatan PPl-MT. “Kami sangat mendukung sekali dengan kegiatan yang dilakukan oleh PPL-MT yang di ketua Kartini ini. ujarnya.

Apalagi kegiatan yang dilakukan oleh PPl-MT ini sangat positif dan elegan, saya mintak kepada pengurus PPl-MT untuk melaksakan kegiatan penyaluran kompensasi secara adil dan profosional sehingga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar. “ungkap Kapolsek.

Saya lihat selama ini perusahaan tambang serta Transportir angkutan batu bara sangat aktif dan peduli terhadap warga di sekeliling nya.akan tetapi mereka(Perusahaan Red) bingung untuk di berikan kepada siapa bagian penyaluran kepada warga yang terdampak, karena ada beberapa Ormas mengaku sebagi penyalur dana kompensasi tersebut ke Masyarakat. Akan tetapi kalau saya lihat baru PPl-MT ini lah yang sering mengadakan penyaluran sembako bantuan kompensasi kepada masyarakat merapi timur.

Dan menurut Kartini pada tanggal 7 Juni 2022 ini mereka akan melaksanakan aksi penyaluran sembako dari perusahaan ke masyarakat dan sekarang rencananya ditambah bantuan tersebut ke warga yang terdampak debu di kecamatan merapi barat. Saya berjanji akan hadiri acara itu. “tegas Kapolsek

(Her)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *