Dinas Pertanian Kota Tual Melaksanakan Pemeriksaan Hewan Qurban

  • Whatsapp

koranmetronews.id, TUAL – Dinas Pertanian dan peternakan kota Tual, CQ bagian peternakan yang di dampingi pegawai kementrian Agama Kota Tual, sejak tanggal 13-17 Juni 2022, melakukan pemeriksaan kesehatan dan kelayakan Hewan Qurban di seluruh lokasi tempat peternakan rakyat di kota Tual.

Maksud dan tujuan pemeriksaan hewan-hewan tersebut untuk memastikan hewan yang akan di beli oleh masyarakat adalah hewan yang sehat dan layak sesuai syariat Islam untuk di jadikan sebagai hewan qurban.

“Drh ( Dokter Hewan ) Ahmad Nuhuyanan, kepada wartawan Media ini melalui press release-nya (18/6/22) menjelaskan pihak Dinas Pertanian Kota Tual CQ bidang peternakan berkewajiban melakukan pemeriksaan kesehatan hewan.

Sedangkan pihak kementrian Agama Kota Tual, melakukan pengecekan kelayakan Hewan Qurban sesuai dengan syariat Islam dan menginformasikan kepada masyarakat melalui Masjid di kota Tual untuk membeli hewan qurban yang memiliki lebel hewan layak Qurban tahun 2022.

Kata Nuhuyanan, berdasarkan data yang diambil dari 10 lokasi penjualan ternak di kota Tual, diketahui tersedia sebanyak 850 ekor hewan qurban terdiri dari kambing 710 ekor, kambing jantan, 56 ekor domba jantan dan 81 ekor sapi jantan.

Setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan dan kelayakan terhadap Hewan Qurban tersebut oleh petugas di temukan sebanyak 10 ekor kambing belum cukup umur untuk di jadikan sebagai hewan qurban, 1 ekor kambing cacat dan 96 ekor kambing terjangkit penyakit pink eye.

“Setelah dilakukan pemeriksaan fisik dan dinyatakan sehat dan layak untuk di qurbankan langsung diberi lebel “layak Qurban tahun 2022 oleh petugas.

Pada lebel layak tersebut juga terdapat nomor surat keterangan kesehatan hewan (SKKH) yang di terbitkan oleh dokter hewan.

“Mengakhiri press release-nya, kata Nuhuyanan petugas hanya memberikan lebel untuk 740 ekor hewan dan dinyatakan benar-benar sehat dan layak sesuai syariat Islam untuk di perdagangkan sebagai hewan qurban.

Untuk itu Nuhuyanan menghimbau kepada masyarakat Kota Tual, jika ingin membeli hewan qurban pililah jenis hewan yang menggunakan lebel.

(Alfin)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *