Coffe Morning Pemprov Bersama Forum BUMN Dirumah Dinas Gubernur Jambi

  • Whatsapp

Koranmetronews.id, JAMBI – Acara Coffe Morning antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi bersama Forum Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Provinsi Jambi di Aula Rumah Dinas Gubernur Jambi, Hari Selasa (2/20/2021).

Pada acara Coffe Morning dihadiri langsung Gubrrnur Jambi, H.Fachrori Umar, Ketua Forum BUMN  provinsi Jambi, Reflizal, berita Ketua Komite Ekonomi Kreatif provinsi Jambi,  Berlin Santosa, Kepala OJK Jambi, Kepala OPD pemerintah provinsi Jambi dan perwakilan dari BUMN di provinsi Jambi.

Bacaan Lainnya

Gubernur Jambi H Fachrori Umar falam sambutann mengharapkan sinergitas antara pemerintah provinsi dengan BUMN dan Komite Ekonomi Kreatif untuk membangun provinsi Jambi.

Fachrori menyampaikan bahwa Pemprov Jambi melalui OPD terkait telah melakukan pembinaan terhadap ekonomi kreatif, yakni melalui Dinas Koperasi  dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Dinas Perindustrian dan Perdagangan, serta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.

Fachrori menerangkan, perekonomian nasional dan daerah tidak hanya ditopang oleh belanja pemerintah, korporasi besar, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan usaha Milik Daerah (BUMD), namun juga oleh ekomomi kreatif. Sejarah telah membuktikan bahwa dalam krisis ekonomi 1998, dalam kondisi sulit sekalipun, UMKM bisa bertahan ditengah terpaan krisis ekonomi.

Mengingat sangat pentingnya manfaat ekonomi kreatif, Pemprov Jambi telah menerbitkan Surat Keputusan Gubernur Jambi Nomor 230/KEP-GUB/PSDA-1.1/2020 tentang Pembentukan Tim Pengembangan Ekonomi Kreatif dan Komite Ekonomi Kreatif di provinsi Jambi  diharapkan dapat membantu tumbuh kembang ekonomi kreatif, dikatakan Fachrori.

Gubernur Fachrpri mengapresiasi pembinaan ekonomi kreatif oleh BUMN tersebut, baik yang terintegrasi dengan program Corporate Social Responsibility (CSR) maupun dalam program-program lainnya, sebagai wujud kepedulian terhadap provinsi Jambi.

“Ada 22 BUMN di provinsi Jambi dan Saya yakin sinergitas tersebut bisa menghasilkan manfaat besar terhadap perekonomian provinsi Jambi, terutama di masa pandemi Covid-19, ekonomi kreatif diharapkan bisa bertahan, bertumbuh, dan berkembang, sebagai salah satu penopang perekomomian provinsi Jambi,” ungkap Fachrori.

Ketua Komite Ekonomi Kreatif Berlian Santosa menyatakan  pengertian ekonomi kreatif adalah sebuah konsep bidang perekonomian di era ekonomi yang baru dengan mengutamakan kreativitas dan informasi.

Berlin menegaskan, konsep dari ekonomi kreatif ini mengedepankan sumber daya manusia yang memiliki ide dan pengetahuan yang digunakan sebagai faktor utama dalam produksi. Intinya ekonomi kreatif ini lebih mengedepankan kreativitas dan ide dari manusia sebagai aset untuk membuat perekonomian bergerak maju.

“Komite ekonomi kreatif orang-orang yang berada di sini adalah orang-orang yang sudah berkompeten ada dosen, ada arsitek, desainer kemudian juga ada penulis ada entrepreneur, juga ada digital marketer dan sebagainya”, jelas Berlin

“Kita melakukan pendataan untuk pelaku ekonomi kreatif dan UMKM provinsi juga kami mendapatkan data sekitar sebanyak 500 UMKM dan pelaku ekonomi kreatif. Pelaku ekonomi kreatif siap bergabung dan berkolaborasi, artinya komite ini berkomitmen  untuk berkolaborasi dan bersinergi dengan segala lingkungan dan sebagainya”, tambah Berlin.

(KMN/BT)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *