SDN 7 Lawang Kidul Potensi Menjadi Sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi

  • Whatsapp

koranmetronews.id, TANJUNG ENIM – Tim Penilai Provinsi melakukan penilaian di sekolah SDN 7 Lawang Kidul yang ikut dalam Lomba Adiwiyata Tingkat Provinsi. Di selah penyambutan tim penilai provinsi SDN 7 melakukan penyambutan dengan kesenian tradisional reog ponorogo dan tarian oleh siswa siswi SDN 7 Lawang Kidul, Senin (7/3).

Berbagai inovasi yang telah dibuat oleh sekolah SDN 7 Lawang Kidul untuk dinilai oleh tim verifikasi Adiwiyata Provinsi antara lain, Dodol Belimbing wuluh dari pemanfaatan buah yang ada di kebun sekolah, abon lele dari pemanfaatan ikan lele yang dipelihara di tempat penampungan limbah air wudhu, pupuk kering dan basah dari limbah kulit telor dan kulit pisang, kunir asem dari pemanfaatan tanaman toga kunyit, keripik talashasil kebun sekolah, Handsinitizer dari daun sereh wangi dan tanaman lidah buaya, jus jambu biji.

Saat di konfirmasi tim verifikasi Adiwiyata Provinsi yang diwakili dari dinas lingkungan hidup dan Pertana Provinsi Sumatra Selatan Della Agus Naini, untuk penilaian hari ini 3 sekolah kita lakukan verifikasi penilaian Adiwiyata di Lawang Kidul, sebelumnya sudah kulakukan penilaian serupa ada 4 kecamatan Tanjung Agung, Panang Enim, Lawang Kidul dan Gelumbang.

Foto : Tim Penilai Provinsi melakukan penilaian di sekolah SDN 7 Lawang Kidul

Untuk penilaian verivikasi Adiwiyata di Lawang Kidul ada 7 sekolah, tujuan penilaian Adiwiyata ini untuk mencari sekolah – sekolah yang telah melaksanakan gerakan peduli lingkungan hidup jadi sekolah yang telah melaksanakan kegiatan tersebut kita verivikasi baik secara dokumen begitu juga fisiknya dan juga meninjau langsung apakah sekolah tersebut telah melaksanakan gerakan peduli lingkungan hidup di sekolah, “ucapnya.

Dalam pemberian Adiwiyata ini diharapkan, menjadi sesuatu kebudayaan di sekolah, membuat warga sekolah tersebut mempunyai karakter ramah lingkungan. “Sehingga nanti keluar dari lingkungan sekolah merek dewasa saat bekerja terus dapat menerapkan peduli lingkungan juga dapat memperbaiki lingkungan sekitar kita”, katanya.

Sri Novianti menyampaikan, mengucapkan terimakasih kasih kepada komite, anak-anak ku siswa SDN 7 Lawang Kidul beserta guru guru dan wali murid atas kerjasama menjadikan sekolah SD kita ini lebih baik lagi menciptakan sekolah Adiwiyata Peduli Lingkungan Asri, rindang, mempercantik ruang kelas dan menjadikan anak kita makin semangat dalam belajar.

Dengan adanya tim verifikasi Adiwiyata tingkat Provinsi dapat terjun langsung kelapangan, “tidak hanya sebatas isian aplikasi, dan mereka dapat memberikan ilmunya kepada sekolah dan warga sekolah, karena Program Sekolah Adiwiyata sendiri sangat baik, merupakan pembiasan pembiasaan positif bagi warga sekolah dan masyarakat dalam menjaga lingkungan, sehingga sekolah menjadi bersih, rindang, nyaman, dan ikut serta menjaga bumi”, ungkapnya.

(KLT)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *