Diduga Oknum Kades Pasar Lubuk Landai Selewengkan Dana Covid-19

  • Whatsapp

koranmetronews.id, BUNGO – Penggantian Antar Waktu PAW, Rio (Kepala desa -red ) terpilih 26 Mei -2021. Handi Pauzan, menjabat sebagai kepala desa/Rio Desa pasar lubuk landai kecamatan tanah sepenggal Kabupaten Bungo Jambi. Banyak melakukan penyimpangan Dana Desa tahun 2021. 

Sebagaimana yang dikatakan oleh ketua BPD ( M ) kepala desa pasar lubuk landai kepada koranmetronews.id, ( M ) mengatakan dari jumlah Dana Desa tahun 2021 Pagu lebih kurang ( 700,000,000,- ) tahap I untuk Dana Covid-19 – ( 8% ) lebih kurang ( 60.000.000 ) tidak ditemukan aturan penguna Dana  sebagai berikut.

Bacaan Lainnya

Dan pelaksanaan padat karya tunai (PKTD) dengan menggunakan dana desa, adapun para relawan malakukan edukasi, melalui sosialisasi, mendata penduduk rentan sakit, mengindentifikasi fasilitas desa, yang bisa di jadikan sebagai ruang Isolasi.

Pada inti jelas untuk penyemprotan desinfektan, menyediakan hand sanitizer, menyediakan alat kesehatan untuk deteksi dini, serta menyegah penyebaran wabah dan penularan covid-19, menyediakan informasi penting dan melarang perkumpulan dan kerumanan masa.

Masih menurut ( M ) kami dari pihak BPD , sangat menyayangkan karena Rio ( kepala desa – red ) Handi Pauzan, tidak sama sekali mengunakan uang Covid-19 ( 8% ) yang sudah diatur oleh pemerintah timbul dugaan Handi Pauzan MarkUp. Dan sisa uang yang dari ( 8% ) kami BPD juga tidak tahu, apalagi perangkat Desa (dusun- red).

Karena Handi Pauzan tidak terbuka tentang pengelolaan Uang Desa  ( DD ) kepada BPD  Atau perangkat Desa. 

Apalagi tentang ( Pendapatan Asli Desa ) PAD , pasar desa setiap hari sabtu, Ratusan pedagang yang berjualan, diambil Retribusi pasar dengan pungkutan berveriasi, perkiraan bisa sampai 3 juta, X 4 dalam ( 1 ) bulan kurang lebih 12 juta. 

Setiap, 3 tiga bulan dihitung PAD pasar seharus nya 36 juta rupiah, lucu nya menurut ( M ) hanya dapat 4 juta rupiah, maka nya Bendahara ( PAD ) cuma 3 bulan langsung di berhentikan oleh Handi Pauzan di ganti dengan keponakan nya sendiri. dan Bulan pebruari 2022, semua sudah musrenkec, sedangkan desa pasar lubuk landai musawarah dusun pun Belum. Anggaran uang kasumsi kantor sekarang sudah di ambil oleh Rio kepala desa, sekarang mau minum dan sarapan pagi atau makan siang harus pakai uang kantong masing-masing. Kegiatan apa pun BPD tidak diajak musawarah lagi dan tidak dilibatkan ungkap ( M ).” dengan nada kesal.

Masyarakat pasar lubuk landai ( A ) berharap Inspektorat untuk melakukan audit Dana Desa tahun 2021 pasar lubuk landai secara akurat dan berimbang sesuai dengan fakta fisik di lapangan jangan asal menerima laporan saja, karena berpotensi merugikan uang negara. Dan masyarakat bisa melakukan aksi demo besar- besaran, kalau pemerintah kurang pembinaan kepada desa. Dan Aparat Penegak Hukum ( APH ) siap memeriksa Handi Pauzan Rio/ kepala desa karena tim masih mengumpul kan data ungkap ( A ) kepada koranmetronews.id.

(MN)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *