Penyuluhan PTSL+PM Berbasis Masyarakat Desa Balai Jaya Kab. Bungo

  • Whatsapp

koranmetronews.id, Bungo – Penyuluhan Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap Berbasis Masyarkat PTSL+PM tahun 2021. Bertempat di Desa Balai Jaya Kecamatan Pelepat Kabupaten Bungo Provinsi Jambi. Penyuluhan yang di lakukan oleh Badan Pertanahan Nasioal (BPN) Kabupaten Bungo berjalan epektif dan sukses yang ditrima oleh masyarakat, Kamis, 24-06-2021.

Menurut kepala desa Balai jaya kepada koran metro news, program setipikat PTSL ,sangat lah membantu masyarakat untuk satu KK mendapat satu kopling tanah yang berveriasi ukurun mulai dari ukuran tapak perumahan sampai lahan kebun karet atau kebun sawit maksimal 2 hektar ungkap kepala desa.

enyuluhan tersebut dari BPN kabupaten Bungo, desa Balai jaya mendapat sertifikat berbasis masyarakat PTSL untuk tahun 2021 sebanyak 2000 sertifikat , menurut kepala desa tidak mungkin sampai target dari BPN untuk desa Balai jaya 2000 sertifikat.

Yang bisa di upayakan paling banyak untuk desa Balai jaya tahun 2021 sekitar 500 sertifikat karena pekerjaan yang sedikit bertambah sulit terutama mengukur lahan yang harus di sertifikat lahan tidak datar banyak bukit dan jurang dan selanjutnya setelah diukur di pasang lagi patok semen untuk 4 sudut tanah batas.

Untuk jatah satu hari mungkin tdk banyak mendapat banyak jumlah sertifikat.

Kesulitan lain soal administrasi surat desa membuat ,surat asal usul tanah baik tanah sendiri secara buka  hutan adat atau dapat beli dari pihak lain.

Menurut kepala desa rata rata masyarkat tidak sama sekali memiliki surat menyurat tanah yang akan di buat sertifikat, mungkin ada yang mempunyai surat paling banyak 60%.

(KMN/M.Noer)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *