Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Terima PT. TPK Bilqis Rangka Audiensi Pengembangan dan Penataan Kawasan Cincin Tampomas

  • Whatsapp

koranmetronews.id, SUMEDANG –  Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir menerima jajaran PT. TPK Bilqis dalam rangka audiensi Pengembangan dan Penataan Kawasan Cincin Tampomas Eks Galian Gunung Tampomas dengan tema “Menuju The Exotic Ring Tampomas Destination” bertempat di Ruang Tengah Gedung Negara Kabupaten Sumedang,  Kamis (18/03).

Audiensi dihadiri oleh Direktur PT. TPK Bilqis yang juga Wakil Bupati Sumedang periode 2008-2013 H. Taufiq Gunawansyah beserta jajaran, paara Kepala Perangkat Daerah terkait dan tamu undangan lainnya.

Bacaan Lainnya

Direktur PT. TPK Bilqis H. Taufiq Gunawansyah mengatakan, areal pengembangan kawasan Tampomas merupakan kawasan strategis dalam wajah baru kawasan wisata.

“Pada prinsipnya merupakan proses transformasi secara sistematik dan komprehensif dari kawasan galian menuju kawasan wisata yang terdiri dari berbagai objek wisata terintegrasi berbasis ekowisata,” terangnya.

Dikatakan Taufiq, rencana pembangunan Ekowisata Cileuksa merupakan murni ide inisiatif dari Pemerintah Desa dan BUMDes yang ingin mereklamasi eks galian C di Tanah Kas Desa menjadi cetak sawah baru.

“Harapan kami, setelah 5-10 tahun kedepan tampomas menjadi kawasan hijau serta ramah lingkungan,” ungkapnya. Ia berharap pembangunan wisata di kawasan Cincin Tampomas tersebut menjadi role model bagi daerah lainnya.

“Semoga Penataan Lahan Eks Galian Tampomas menuju The Exotic Ring Tampomas Destinations ini bisa menjadi role model yang dikemas dalam konteks wisata new city berbasis ekowisata,” pungkasnya.

Kepala Bappppeda Kabupaten Sumedang Hj. Tuti Ruswati mengatakan bahwa dalam rangka mewujudkan Visi Sumedang Simpati serta sebagai tindak lanjut menjadikan Sumedang sebagai Kabupaten Pariwisata, Bappppeda Kabupaten Sumedang telah menyusun master plan Kawasan Cincin Gunung Tampomas.

“Kami telah berkoordinasi dengan Ketua Forum Galian. Diantaranya dalam rangka kepedulian para pengusaha galian C akan dilakukan penyelamatan lingkungan setelah dieksploitasi,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati H Dony Ahmad Munir meyambut baik rencana tersebut karena selaras dengan Visi Sumedang Simpati yang ketiga yaitu Maju Daerahnya.

“Pariwisata menjadi core business untuk memajukan Sumedang. Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Sumedang siap dalam mengembangkan pariwisata,” ujarnya.

Ditambahkan Bupati, Sumedang sangat memenuhi syarat sebagai kabupaten wisata karena tersedianya unsur 3A yaitu aksesibilitas, amenitas dan atraksi.

“Selain itu, di enam exit tol kami merencanakan akan ada destinasi wisata unggulan yang nantinya akan menggerakkan ekonomi Kabupaten Sumedang dan mampu mensejahterakan masyarakat,” imbuhnya.

Bupati berharap pembangunan wisata harus matang jelas sistematis disertai rencana aksi dan master plan yang jelas.

“Saya harap pembangunan ini harus betul-betul matang, jelas dan sistematis. Master plannya harus jelas dalam rangka mengakselerasi potensi wisata di Kabupaten Sumedang,” ungkapnya.

Dikatakan, dengan adanya pengembangan wisata tersebut mampu menjadi magnet tersendiri yang menarik para wisatawan ke Kabupaten Sumedang.

“Wisata ini pada akhirnya diharapkan dapat mendorong percepatan ekonomi masyarakat serta mari kita saling bahu membahu dalam membangun Sumedang sebagai Kabupaten Wisata,” pungkasnya.

(KMN/ADS)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *