Pejabat Gubernur Jambi, KKI 2021 Beri Peluang UMKM Untuk Berkembang

  • Whatsapp

koranmetronews.id, JAMBI – Pejabat Gubernur Jambi, Dr.Hari Nur Cahaya Murni,M.Si menghadiri Virtual Opening Ceremony Karya Kreatif Indonesia (KKI) Tahun 2021 yang berlangsung di Galeri Wira Usaha Unggulan Jambi (GWUUJ) sebelah Pizza Hut di kawasan Sipin kota Jambi, Rabu (3/3/2021).

Pada kegiatan KKI ini di ikuti juga Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) di Jambi, Suti Masniarni Nasution, Pengelola WUJBI, Ahmad Farhan Habibie dan Kepala OPD terkait serta para undangan lainnya.

Bacaan Lainnya

Pejabat Gubernur Hari Nur Cahaya Murni mengapresiasi kegiatan Virtual Opening Ceremony KKI tahun 2021 menyelenggarakan pameran KKI yang merupakan salah satu wujud nyata BI mendukung pengembangan UMKM kreatif.

Ditambahkan Pejabat Gubernur, sekaligus memperkenalkan produk unggulan yang dapat mengangkat citra budaya daerah, mendukung penyerapan tenaga kerja,  mendorong psriwisata dan dapat berkontribusi terhadap perekonomian nasional dan daerah. “Kegiatan KKI ini memberikan peluang bagi UMKM untuk berkembang”, jelasnya.

“KKI Tahun 2021 seri satu mengusung tema “Mendorong UMKM dan Sektor Pariwisata sebagai Kekuatan Utama Menuju Indonesia Maju melalui Sinergi, Kreativitas, dan Digitalisasi”,  ujar Pejabat Gubernur.

Pejabat Gubernur menekankan bahwa pemerintah provinsi (Pemprov) Jambi sangat mendukung tumbuh kembang UMKM melalui OPD yakni Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Perdagangan, dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.

“Selain itu, Pemprov Jambi bekerja sama dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) untuk membina para pengrajin agar usaha para pengrajin bisa terus bertahan bahkan berkembang”, jelasnya.

Diceritakan Pejabat Gubernur, beberapa waktu yang lalu ia berkunjung ke enam kabupaten di provinsi Jambi,  menemukan banyak hal-hal yang istimewa, seperti ketika di Batanghari menemukan kuliner yang begitu enak.

“Sedangkan di Kerinci dan kota Sungai Penuh ia melihat kebun teh serta pemandangan yang begitu indah, hal- hal seperti ini harus kita perkenalkan, dipromosikan ke tingkat nasional maupun internasional, apalagi saya tadi mendengar sudah akan ada hasil dari Wirausaha ini yang akan diekspor ke Belgia, ini sangat luar biasa” tambahnya.

Pejabat Gubernur Hari Nur Cahaya menyampaikan, terima kasih kepada BI Jambi atas kontribusi membina UMKM di provinsi Jambi selama ini. “Saya yakin pembinaan bagi UMKM yang dilakukan oleh BI Jambi sangat membantu UMKM, untuk membuka usaha bagi UMKM pemula dan mengembangkan usaha bagi UMKM yang sudah mulai eksis”, pungkasnya.

“KKI ini dapat menjadi wadah bagi UMKM untuk memperkenalkan produknya secara lebih luas hingga ke pasar nasional dan global, serta memotivasi UMKM untuk terus berkreasi menghasilkan produk berkualitas dan bernilai tinggi” harap Pejabat Gubernur.

Pada akhir sambutannya Pj. Gubernur mengajak seluruh pelaku usaha UMKM untuk terus berinovasi dan berkreasi menghasilkan produk-produk yang berkualitas tinggi, dengan pengemasan dan pemasaran yang baik, serta dengan harga yang relatif terjangkau.

Pejabat Gubernur menuturkan, tumbuh kembangnya UMKM sangat dibutuhkan dalam pemulihan ekonomi nasional saat ini, yang turut membantu negara bangkit ditengah kesulitan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

“Kepada masyarakat provinsi Jambi untuk turut mendukung dan menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, kita dukung UMKM Indonesia berjaya di tanah air kita”, imbaunya.

Sementera dalam sambutan Kepala Perwakilan BI Jambi Suti Masniarni Nasution menyatakan, bahwa BI sangat berkomitmen penuh untuk mendukung gerakan nasional bangga buatan Indonesia dan gerakan bangga berwisata Indonesia .

“Hal ini ditunjukkan antara lain melalui penyelenggaraan karya kreatif Indonesia kecuali tahun 2021 yang mengangkat tema mendorong UMKM dan sektor pariwisata sebagai kekuatan utama menuju Indonesia maju, melalui Sinergi kreativitas dan digitalisasi”, kata Suti.

Suti berhatap, kegiatan ini dapat menjadi katalisator bagi pelaku usaha industri kreatif dan tentunya akan meningkatkan kualitas produk sesuai tren pasar, memperluas pasar melalui WUJBI, untuk menjadi ikon pariwisata yang menghadirkan produk-produk lokal untuk menjadi ikon oleh-oleh kota Jami.

Pengelola GWUUJ, Ahmad Farhan Habibie menerangkan, ada sebanyak 29 UMKM unggulan dan adanya GWUUJ ini diharapkan menjadi solusi bagi masyarakat.

Dikatakan Ahmad, Kami memiliki kuliner, dan jasa kami berharap menjadi solusi bagi masyarakat Jambi yang mana selama ini kita kedatangan tamu, kita bingung mau kemana, sekarang kami menawarkan produk-produk unggulan yang ada di Jambi.

(KMN/BT)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *